1.PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pengertian Teknologi
Informasi adalah suatu studi perancangan, implementasi, pengembangan,
dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, terutama pada
aplikasi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak komputer).
Secara sederhana, Pengertian Teknologi Informasi adalah
fasilitas-fasilitas yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak dalam
mendukung dan meningkatkan kualitas informasi untuk setiap lapisan masyarakat
secara cepat dan berkualitas.
Sedangkan
menurut Wikipedia, bahwa pengertian teknologi Informasi (IT) adalah
istilah umum tekologi untuk membantu manusia dalam membuat, mengubah,
menyimpan, mengomunikasikan dan menyebarkan informasi. Tujuan teknologi
informasi adalah
untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas
dan efisiensi dalam aktivitas manusia.
Pengertian Teknologi Informasi (IT) Menurut
Para Ahli
·
Haag dan Keen
(1996): Pengertian teknologi informasi menurut Haag dan Keen bahwa
teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan
informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan
informasi.
·
Oxford English
Dictonary (OED): Pengertian teknologi informasi menurut Oxford English
Dictionary adalah hardware dan software dan bisa termasuk di dalamnya jaringan
dan telekomunikasi yang biasanya dalah konteks bisnis atau usaha.
·
Williams dan Sawyer
(2003): Menurut williams dan sawyer, bahwa pengertian teknologi informasi
adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur
komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.
·
Martin
(1999): Menurut martin bahwa teknologi informasi merupakan teknologi yang
tidak hanya pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang
akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan mencaku
teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarluaskan informasi.
Macam-Macam Teknologi Informasi :
1. Komputer
Komputer merupakan alat berupa hardware dan software yang digunakan untuk membantu dalam mengolah data menjadi informasi dan menyimpannya untuk ditampilkan di lain waktu. Informasi yang dihasilkan komputer dapat berupa tulisan, gambar, suara, video, dan animasi. Beberapa fungsi Komputer diantaranya:
Komputer merupakan alat berupa hardware dan software yang digunakan untuk membantu dalam mengolah data menjadi informasi dan menyimpannya untuk ditampilkan di lain waktu. Informasi yang dihasilkan komputer dapat berupa tulisan, gambar, suara, video, dan animasi. Beberapa fungsi Komputer diantaranya:
·
Mempermudah pekerjaan.
·
Sebagai Alat komunikasi
·
Sebagai alat untuk hiburan
·
Sebagai Alat Pendidikan
·
Komputer Sebagai Sarana Informasi
·
Komputer Sebagai Sarana Usaha
·
Komputer Sebagai Sarana Kontrol
2. Notebook
Notebook yaitu peralatan yang fungsinya sama dengan komputer tetapi bentuknya praktis dapat di lipat dan dibawa-bawa karena menggunakan bantuan baterai charger sehingga bisa digunakan tanpa menggunakan listrik. Notebook atau laptop hadir dengan beragam bentuk dan ukuran. Perangkat ini memiliki fungsi yang sama dengan komputer. Hanya saja, pembuatannya sengaja dibuat lebih praktis sehingga dapat dilipat dan mudah untuk dibawa ke mana pun.
3. Netbook
Netbook adalah Komputer sejenis Notebook namun ukurannya lebih diperkecil dan spesifikasi hardwarenya lebih rendah serta ada beberapa fitur yang dihilangkan dengan tujuan memperkecil ukuran, serta menurunkan harga dari sebuah Netbook itu sendiri.
4. Tablet
Tablet PC adalah laptop atau komputer portable berbentuk buku. Memiliki layar sentuh atau teknologi tablet digital yang memungkinkan pengguna komputer mempergunakan stylus atau pulpen digital selain keyboard ataupun mouse komputer.
5. Televisi
Televisi merupakan perangkat teknologi informasi yang berupa sistem penyiaran yang disertai dengan gambar (visual) dan suara (audio). Oleh karena itu, perangkat ini digunakan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk gambar bergerak atau video secara langsung. Televisi merupakan media informasi dan komunikasi yang sangat dikenal. Televisi adalah pesawat yang dapat menangkap siaran gambar dan suara dari pemancar. Dengan televisi, kamu dapat melihat lokasi suatu daerah maupun tokoh-tokoh terkenal dalam dan luar negeri. Kejadian alam, pelantikan presiden, dan budaya setiap daerah maupun bangsa lain dengan mudah dapat kamu lihat. Televisi sudah menjadi sumber segala informasi. Bahkan, televisi juga digunakan untuk mempromosikan suatu produk tertentu yang bersifat menguntungkan.
6. Radio
Notebook yaitu peralatan yang fungsinya sama dengan komputer tetapi bentuknya praktis dapat di lipat dan dibawa-bawa karena menggunakan bantuan baterai charger sehingga bisa digunakan tanpa menggunakan listrik. Notebook atau laptop hadir dengan beragam bentuk dan ukuran. Perangkat ini memiliki fungsi yang sama dengan komputer. Hanya saja, pembuatannya sengaja dibuat lebih praktis sehingga dapat dilipat dan mudah untuk dibawa ke mana pun.
3. Netbook
Netbook adalah Komputer sejenis Notebook namun ukurannya lebih diperkecil dan spesifikasi hardwarenya lebih rendah serta ada beberapa fitur yang dihilangkan dengan tujuan memperkecil ukuran, serta menurunkan harga dari sebuah Netbook itu sendiri.
4. Tablet
Tablet PC adalah laptop atau komputer portable berbentuk buku. Memiliki layar sentuh atau teknologi tablet digital yang memungkinkan pengguna komputer mempergunakan stylus atau pulpen digital selain keyboard ataupun mouse komputer.
5. Televisi
Televisi merupakan perangkat teknologi informasi yang berupa sistem penyiaran yang disertai dengan gambar (visual) dan suara (audio). Oleh karena itu, perangkat ini digunakan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk gambar bergerak atau video secara langsung. Televisi merupakan media informasi dan komunikasi yang sangat dikenal. Televisi adalah pesawat yang dapat menangkap siaran gambar dan suara dari pemancar. Dengan televisi, kamu dapat melihat lokasi suatu daerah maupun tokoh-tokoh terkenal dalam dan luar negeri. Kejadian alam, pelantikan presiden, dan budaya setiap daerah maupun bangsa lain dengan mudah dapat kamu lihat. Televisi sudah menjadi sumber segala informasi. Bahkan, televisi juga digunakan untuk mempromosikan suatu produk tertentu yang bersifat menguntungkan.
6. Radio
Radio
merupakan perangkat teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal. Perangkat
elektronik ini memiliki fungsi untuk menyampaikan Informasi berupa suara dari
station pemancar melalui frekuensi yang telah ditetapkan. Radio menggunakan
gelombang elektro-magnetik untuk mengirimkan suara melalui udara. Gelombang
radio adalah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik. Gelombang ini terbentuk
ketika obyek bermuatan listrik dimodulasi. Modulasi adalah teknik menumpangkan
sebuah sinyal pada sinyal yang lain. AM (Amplitude Modulation) dan FM
(Frequency Modulation) merupakan sistem modulasi yang sering digunakan. Sistem
FM mempunyai kelebihan dapat menghilangkan gangguan oleh gelombang radio
lainnya. FM juga dapat
menghilangkan
gangguan suara oleh cuaca seperti petir maupun hujan dan menghasilkan suara
yang lebih jernih dibanding dengan sistem AM. Namun, sistem FM mempunyai
kelemahan yaitu jangkauan yang kurang luas.
7. Koran
Koran yaitu media cetak yang digunakan untuk menyampaikan informasi yang berupa tulisan dan gambar yang terbit setiap hari yang berisi berita-berita terkini dalam berbagai topik.
8. Mp3 player
Mp3 Player yaitu Peralatan yang dapat menyimpan data sekaligus dapat digunakan untuk memutar music dan mendengarkan radio.
9. Videoplayer
Video player adalah istilah yang biasa digunakan untuk mendeskripsikan software komputer untuk memainkan file video. Sebagian besar media player dapat menampilkan sejumlah format media, baik file audio ataupun video, sedangkan yang khusus untuk memainkan video disebut dengan video player.
10. Camera Digital
Kamera digital merupakan perangkat teknologi yang biasa digunakan untuk mengabadikan gambar atau video dengan menggunakan metode penyimpanan secara digital atau disk.
11. Kalkulator
Kalkulator adalah sebuah alat yang digunakan untuk menjumlahkan atau menghitung dalam berbagai satuan.
Koran yaitu media cetak yang digunakan untuk menyampaikan informasi yang berupa tulisan dan gambar yang terbit setiap hari yang berisi berita-berita terkini dalam berbagai topik.
8. Mp3 player
Mp3 Player yaitu Peralatan yang dapat menyimpan data sekaligus dapat digunakan untuk memutar music dan mendengarkan radio.
9. Videoplayer
Video player adalah istilah yang biasa digunakan untuk mendeskripsikan software komputer untuk memainkan file video. Sebagian besar media player dapat menampilkan sejumlah format media, baik file audio ataupun video, sedangkan yang khusus untuk memainkan video disebut dengan video player.
10. Camera Digital
Kamera digital merupakan perangkat teknologi yang biasa digunakan untuk mengabadikan gambar atau video dengan menggunakan metode penyimpanan secara digital atau disk.
11. Kalkulator
Kalkulator adalah sebuah alat yang digunakan untuk menjumlahkan atau menghitung dalam berbagai satuan.
Berikut Adalah Macam-Macam Teknologi Komunikasi :
1. Telephone / Handphone
Handphone atau
biasa disebut telepon genggam atau yang sering dikenal dengan nama Ponsel
merupakan perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar
yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke
mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan
telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless). Telepon digunakan untuk
berkomunikasi jarak jauh bahkan di seberang lautan sekali pun. Saat ini biaya
telepon juga relatif mudah dijangkau oleh masyarakat. Hal ini mempermudah orang
untuk menjalin komunikasi jarak jauh. Seiring dengan perkembangan teknologi
informasi dan komunikasi, perangkat telepon pun semakin praktis. Dahulu kita
tidak dapat membawa telepon kemana-mana, telepon tersebut dikenal dengan nama
telepon tetap (fixed line telepon). Saat ini telah marak telepon tanpa kabel.
Telepon tersebut dapat dibawa kemana pun sesuai kebutuhan kita. Telepon tanpa
kabel semacam ini disebut telepon genggam atau handphone (HP). HP bentuknya
praktis untuk dibawa kemana pun dengan model yang bervariasi. Di era teknologi
canggih ini, fungsi HP semakin berkembang. HP tidak hanya untuk berbicara satu
sama lain dengan jarak jauh. HP juga digunakan untuk mendengarkan radio,
melihat televisi, mendengarkan musik, berfoto, merekam video, atau mengirim
foto dan video. Kamu juga dapat mengirim dan menerima tulisan atau gambar
berupa pesan singkat yang disebut SMS (Short Message Service) dan MMS
(Multimedia Message Service). Bahkan dengan teknologi WAP (Wireless Application
Protocol) dan GPRS (General Packet Radio Service), HP dapat dimanfaatkan
sebagai sarana untuk browsing internet.
Berdasarkan data dan suara yang dikirimkan, HP dibedakan menjadi dua macam, yaitu:
1) GSM atau (Global System for Mobile Communication)
Pada sistem GSM, suara dan data yang dikirimkan berdasarkan satuan waktu (timeslot). Artinya, penggunaan saluran frekuensi menggunakan batasan waktu. Kelebihan dari sistem GSM adalah mempunyai kualitas komunikasi yang lebih stabil. Sedangkan kekurangannya adalah sulit untuk melakukan panggilan atau menerima panggilan ketika jaringan sudah penuh.
2) CDMA (Code Devision Multiple Access)
Pada sistem CDMA, suara dan data yang dikirimkan dengan menggunakan kode-kode tertentu. Kode-kode ini untuk mengatur setiap panggilan. Jadi, CDMA tidak memiliki frekuensi khusus pada setiap pemakai. Kelebihan dari sistem CDMA adalah mempunyai kapasitas jaringan yang besar sehingga walaupun digunakan secara bersama-sama tetap mempunyai konektivitas yang tinggi. Sedangkan kekurangannya adalah kualitas komunikasi yang tidak stabil.
2. Faximile
Faximile adalah alat pengirim dokumen atau gambar dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan saluran telepon. Pengiriman bisa dilakukan apabila pengirim dan penerima sama-sama mengaktifkan mesin ini.
3. Telegraph
Telegraf merupakan sebuah mesin/alat yang menggunakan teknologi telegrafi untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh.
4. Email / Messenger
Email adalah surat melalui media elektronik. Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic mail”. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet.
5. Surat Pos
Surat pos merupakan media pengiriman surat biasa melalui jasa pengiriman paket pos. Mungkin bagi beberapa orang akan sedikit bingung antara peralatan komunikasi dan informasi. Secara mudahnya peralatan informasi adalah sebagai sarana menyampaikan informasi atau data dari satu orang ke orang lain. Sedangkan sarana peralatan komunikasi adalah sarana untuk berkomunikasi.
Berdasarkan data dan suara yang dikirimkan, HP dibedakan menjadi dua macam, yaitu:
1) GSM atau (Global System for Mobile Communication)
Pada sistem GSM, suara dan data yang dikirimkan berdasarkan satuan waktu (timeslot). Artinya, penggunaan saluran frekuensi menggunakan batasan waktu. Kelebihan dari sistem GSM adalah mempunyai kualitas komunikasi yang lebih stabil. Sedangkan kekurangannya adalah sulit untuk melakukan panggilan atau menerima panggilan ketika jaringan sudah penuh.
2) CDMA (Code Devision Multiple Access)
Pada sistem CDMA, suara dan data yang dikirimkan dengan menggunakan kode-kode tertentu. Kode-kode ini untuk mengatur setiap panggilan. Jadi, CDMA tidak memiliki frekuensi khusus pada setiap pemakai. Kelebihan dari sistem CDMA adalah mempunyai kapasitas jaringan yang besar sehingga walaupun digunakan secara bersama-sama tetap mempunyai konektivitas yang tinggi. Sedangkan kekurangannya adalah kualitas komunikasi yang tidak stabil.
2. Faximile
Faximile adalah alat pengirim dokumen atau gambar dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan saluran telepon. Pengiriman bisa dilakukan apabila pengirim dan penerima sama-sama mengaktifkan mesin ini.
3. Telegraph
Telegraf merupakan sebuah mesin/alat yang menggunakan teknologi telegrafi untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh.
4. Email / Messenger
Email adalah surat melalui media elektronik. Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic mail”. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet.
5. Surat Pos
Surat pos merupakan media pengiriman surat biasa melalui jasa pengiriman paket pos. Mungkin bagi beberapa orang akan sedikit bingung antara peralatan komunikasi dan informasi. Secara mudahnya peralatan informasi adalah sebagai sarana menyampaikan informasi atau data dari satu orang ke orang lain. Sedangkan sarana peralatan komunikasi adalah sarana untuk berkomunikasi.
TUJUAN TEKNOLOGI INFORMASI
Tujuan Teknologi Informasi adalah untuk
memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas dan
efisiensi dalam melakukan pekerjaan. Jadi dapat dikatakan karena dibutuhkannya
pemecahan masalah, membuka kreativitas dan efisiensi manusia dalam melakukan
pekerjaan, menjadi penyebab atau acuan diciptakannya teknologi informasi.
Dengan adanya teknologi informasi membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah
dan efisien.
Adapun manfaat teknologi secara umum, antara
lain:
· Memberikan
kemudahan bagi pengguna (user)
· Membuat
pekerjaan menjadi lebih singkat dan cepat
· Pekerjaan
menjadi lebih efisien
Sedangkan manfaat teknologi secara khusus, antara lain:
· Dalam
keluarga, pemanfaatan teknologi secara dini akan mendidik anak supaya terbiasa
akan teknologi
· Teknologi
menjadi sarana eksplorasi untuk menambah wawasan
· Menghubungkan
keefektifan dalam pekerjaan
Peralatan
Komunikasi Zaman Dahulu :
1. Lonceng
Dahulu lonceng digunakan untuk mengabarkan suatu berita kepada masyarakat dan sebagai penanda waktu. Lonceng juga digunakan oleh umat Kristiani untuk memberi tanda waktu beribadah, biasanya dibunyikan tiga kali, pada pukul 06.00, 12.00, dan 18.00. Lonceng digunakan pertama kali dalam gereja Katolik sekitar tahun 400 masehi, dan dianggap diperkenalkan oleh Paulinus, Uskup Nola, sebuah kota di Campania, Italia. Penggunaannya menyebar luas dengan cepat dan tidak hanya digunakan untuk mengumpulkan umat dalam acara keagamaan, tetapi juga sebagai peringatan ketika ada bahaya.
2. Asap
Suku bangsa Indian Amerika menggunakan asap sebagai alat untuk berkomunikasi dengan sukunya ataupun kepada suku lainnya. Biasanya, asap digunakan untuk mengirimkan pesan rahasia. Kepulan asap mengandung makna-makna tertentu yang hanya dapat dibaca oleh suku-suku di Indian, seperti kepulan satu kali yang berarti peringatan. Ketika mereka berperang juga menggunakan asap untuk berkomunikasi dengan lawan.
3. Merpati pos
Mungkin merpati pos, kita semua sudah tahu kegunaannya pada masa lalu. Bukan hanya pada masa perang tapi sejak zaman dulu merpati digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan jarak jauh. Pada masa perang kegunaannya lebih lagi, apalagi ketika alat komunikasi tidak berfungsi. Maka merpatilah salah satunya yang digunakan untuk menyampaikan pesan pesan militer rahasia. Sementara burung kenari dimanfaatkan untuk mendeteksi serangan gas beracun pada Perang Dunia I.
1. Lonceng
Dahulu lonceng digunakan untuk mengabarkan suatu berita kepada masyarakat dan sebagai penanda waktu. Lonceng juga digunakan oleh umat Kristiani untuk memberi tanda waktu beribadah, biasanya dibunyikan tiga kali, pada pukul 06.00, 12.00, dan 18.00. Lonceng digunakan pertama kali dalam gereja Katolik sekitar tahun 400 masehi, dan dianggap diperkenalkan oleh Paulinus, Uskup Nola, sebuah kota di Campania, Italia. Penggunaannya menyebar luas dengan cepat dan tidak hanya digunakan untuk mengumpulkan umat dalam acara keagamaan, tetapi juga sebagai peringatan ketika ada bahaya.
2. Asap
Suku bangsa Indian Amerika menggunakan asap sebagai alat untuk berkomunikasi dengan sukunya ataupun kepada suku lainnya. Biasanya, asap digunakan untuk mengirimkan pesan rahasia. Kepulan asap mengandung makna-makna tertentu yang hanya dapat dibaca oleh suku-suku di Indian, seperti kepulan satu kali yang berarti peringatan. Ketika mereka berperang juga menggunakan asap untuk berkomunikasi dengan lawan.
3. Merpati pos
Mungkin merpati pos, kita semua sudah tahu kegunaannya pada masa lalu. Bukan hanya pada masa perang tapi sejak zaman dulu merpati digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan jarak jauh. Pada masa perang kegunaannya lebih lagi, apalagi ketika alat komunikasi tidak berfungsi. Maka merpatilah salah satunya yang digunakan untuk menyampaikan pesan pesan militer rahasia. Sementara burung kenari dimanfaatkan untuk mendeteksi serangan gas beracun pada Perang Dunia I.
4.
Kentongan
Kentongan merupakan media komunikasi di masyarakat Indonesia sejak dahulu kala. Biasanya, kentongan digunakan untuk memberitahu warga sebagai suatu peringatan telah terjadi sesuatu, misalnya kebakaran, kemalingan, dan bencana alam. Pada zaman kerajaan di nusantara, kentongan dan alat sejenisnya, seperti gong digunakan untuk mengumpulkan rakyat. Biasanya pukulan kentongan ini untuk memberikan suatu pengumuman kepada rakyat. Orang-orang yang mendengar suara kentongan dengan bergegas berkumpul untuk mendengarkan informasi, berita atau pengumuman. Dalam penggunaannya, untuk setiap daerah bunyi kentongan tidak memiliki standar yang baku. Setiap daerah memiliki kode atau arti tertentu terhadap suara kentongan, misalnya suara kentongan yang dipukul beberapa kali dengan cepat menandakan adanya bahaya kebanjiran atau kemalingan. Ditempat-tempat ibadah masih pula menggunakan peralatan tradisional sejenis kentongan seperti beduk dan lonceng.
5. Daun Lontar
Kegiatan komunikasi pada masa lalu sudah menggunakan bahasa tulis pada media seperti, tulang hewan, prasasti dan daun lontar. Di Indonesia kegiatan surat menyurat telah ada sejak jaman kerajaan-kerajaan Hindu seperti, Pajajaran, Mataram, Majapahit, Kutai, Mataram dan Sriwijaya. Biasanya, untuk berkirim surat kepada negeri tetangganya, pihak kerajaan menggunakan media daun lontar, kulit kayu dan kulit hewan, tulang hewan, dan lempengan batu. Umumnya media komunikasi yang digunakan adalah dengan daun lontar, dengan alasan daun lontar sangat mudah didapatkan.
Kentongan merupakan media komunikasi di masyarakat Indonesia sejak dahulu kala. Biasanya, kentongan digunakan untuk memberitahu warga sebagai suatu peringatan telah terjadi sesuatu, misalnya kebakaran, kemalingan, dan bencana alam. Pada zaman kerajaan di nusantara, kentongan dan alat sejenisnya, seperti gong digunakan untuk mengumpulkan rakyat. Biasanya pukulan kentongan ini untuk memberikan suatu pengumuman kepada rakyat. Orang-orang yang mendengar suara kentongan dengan bergegas berkumpul untuk mendengarkan informasi, berita atau pengumuman. Dalam penggunaannya, untuk setiap daerah bunyi kentongan tidak memiliki standar yang baku. Setiap daerah memiliki kode atau arti tertentu terhadap suara kentongan, misalnya suara kentongan yang dipukul beberapa kali dengan cepat menandakan adanya bahaya kebanjiran atau kemalingan. Ditempat-tempat ibadah masih pula menggunakan peralatan tradisional sejenis kentongan seperti beduk dan lonceng.
5. Daun Lontar
Kegiatan komunikasi pada masa lalu sudah menggunakan bahasa tulis pada media seperti, tulang hewan, prasasti dan daun lontar. Di Indonesia kegiatan surat menyurat telah ada sejak jaman kerajaan-kerajaan Hindu seperti, Pajajaran, Mataram, Majapahit, Kutai, Mataram dan Sriwijaya. Biasanya, untuk berkirim surat kepada negeri tetangganya, pihak kerajaan menggunakan media daun lontar, kulit kayu dan kulit hewan, tulang hewan, dan lempengan batu. Umumnya media komunikasi yang digunakan adalah dengan daun lontar, dengan alasan daun lontar sangat mudah didapatkan.
2. Perkembangan Internet…
Teknologi Informasi dan Telekomunikasi
(Information and Communication Technology/ICT) merupakan tulang punggung
aplikasi Web 2.0. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang
fenomenal dan menjadi awal munculnya aplikasi web adalah Internet. Internet
yang berawal dari riset untuk pertahanan dan keamanan serta pendidikan
berkembang menjadi perangkat pendukung bisnis yang sangat berpengaruh. Dalam
kaitan dengan aplikasi Web 2.0 ini, terdapat beberapa peristiwa penting dalam
sejarah internet.
Berawal pada tahun 1957, melalui Advanced
Research Projects Agency (ARPA), Amerika Serikat bertekad mengembangkan
jaringan komunikasi terintegrasi yang saling menghubungkan komunitas sains dan
keperluan militer. Hal ini dilatarbelakangi oleh terjadinya perang dingin
antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet (tahun 1957 Soviet meluncurkan
sputnik).
Perkembangan besar Internet pertama adalah
penemuan terpenting ARPA yaitu packet switching pada tahun 1960. Packet switching
adalah pengiriman pesan yang dapat dipecah dalam paket-paket kecil yang
masing-masing paketnya dapat melalui berbagai alternatif jalur jika salahsatu
jalur rusak untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Packet switching juga
memungkinkan jaringan dapat digunakan secara bersamaan untuk melakukan banyak
koneksi, berbeda dengan jalur telepon yang memerlukan jalur khusus untuk
melakukan koneksi. Maka ketika ARPANET menjadi jaringan komputer nasional di
Amerika Serikat pada 1969, packet switching digunakan secara menyeluruh sebagai
metode komunikasinya menggantikan circuit switching yang digunakan pada
sambungan telepon publik.
Perkembangan besar Internet kedua yang
dicatat pada sejarah internet adalah pengembangan lapisan protokol jaringan
yang terkenal karena paling banyak digunakan sekarang yaitu TCP/IP
(Transmission Control Protocol/ Internet Protocol). Protokol adalah suatu
kumpulan aturan untuk berhubungan antarjaringan. Protokol ini dikembangkan oleh
Robert Kahn dan Vinton Cerf pada tahun 1974. Dengan protokol yang standar dan
disepakati secara luas, maka jaringan lokal yang tersebar di berbagai tempat
dapat saling terhubung membentuk jaringan raksasa bahkan sekarang ini menjangkau
seluruh dunia. Jaringan dengan menggunakan protokol internet inilah yang sering
disebut sebagai jaringan internet.
Jaringan ARPANET menjadi semakin besar sejak
saat itu dan mulai dikelola oleh pihak swasta pada tahun 1984, maka semakin
banyak universitas tergabung dan mulailah perusahaan komersial masuk. Protokol
TCP/IP menjadi protokol umum yang disepakati sehingga dapat saling
berkomunikasi pada jaringan internet ini.
Perkembangan besar Internet ketiga adalah
terbangunnya aplikasi World Wide Web pada tahun 1990 oleh Tim
Berners-Lee. Aplikasi
World Wide Web (WWW) ini menjadi konten yang dinanti semua pengguna internet.
WWW membuat semua pengguna dapat saling berbagi bermacam-macam aplikasi dan
konten, serta saling mengaitkan materi-materi yang tersebar di internet. Sejak
saat itu pertumbuhan pengguna internet meroket.
Perkembangan Internet memberikan pengaruh…
Internet telah membuat revolusi baru dalam
dunia komputer dan dunia komunikasi yang tidak pernah diduga sebelumnya.
Beberapa Penemuan telegram, telepon, radio, dan komputer merupakan rangkaian
kerja ilmiah yang menuntun menuju terciptanya Internet yang lebih terintegrasi
dan lebih berkemampuan dari pada alat-alat tersebut. Internet memiliki
kemampuan penyiaran ke seluruh dunia, memiliki mekanisme diseminasi informasi,
dan sebagai media untuk berkolaborasi dan berinteraksi antara individu dengan
komputernya tanpa dibatasi oleh kondisi geografis.
Internet merupakan sebuah contoh paling
sukses dari usaha investasi yang tak pernah henti dan komitmen untuk melakukan
riset berikut pengembangan infrastruktur teknologi informasi. Dimulai dengan
penelitian packet switching (paket pensaklaran), pemerintah, industri dan para
civitas academica telah bekerjasama berupaya mengubah dan menciptakan teknologi
baru yang menarik ini.
Perkembangan Sejarah intenet dapat dibagi
dalam empat aspek yaitu
1.
Adanya
aspek evolusi teknologi yang dimulai dari riset packet switching (paket
pensaklaran) ARPANET (berikut teknologi perlengkapannya) yang pada saat itu
dilakukan riset lanjutan untuk mengembangkan wawasan terhadap infrastruktur
komunikasi data yang meliputi beberapa dimensi seperti
skala,performannce/kehandalan, dan kefungsian tingkat tinggi.
2.
Adanya
aspek pelaksanaan dan pengelolaan sebuah infrastruktur yang global dan
kompleks.
3.
Adanya
aspek sosial yang dihasilkan dalam sebuah komunitas masyarakat besar yang
terdiri dari para Internauts yang bekerjasama membuat dan mengembangkan terus
teknologi ini.
4.
Adanya
aspek komersial yang dihasilkan dalam sebuah perubahan ekstrim namun efektif
dari sebuah penelitian yang mengakibatkan terbentuknya sebuah infrastruktur
informasi yang besar dan berguna. Internet sekarang sudah merupakan sebuah
infrastruktur informasi global (widespread information infrastructure), yang
awalnya disebut “the National (atau Global atau Galactic) Information
Infrastructure” di Amerika Serikat. Sejarahnya sangat kompleks dan mencakup
banyak aspek seperti teknologi, organisasi, dan komunitas. Dan pengaruhnya
tidak hanya terhadap bidang teknik komunikasi komputer saja tetapi juga
berpengaruh kepada masalah sosial seperti yang sekarang kita lakukan yaitu kita
banyak mempergunakan alat-alat bantu on line untuk mencapai
sebuah bisnis elektronik (electronic
commerce), pemilikan informasi dan berinteraksi dengan masyarakat.
Sejarah Internet dan Perkembangan Internet
Sejarah dari adanya intenet dimulai pada
tahun 1969 ketika
itu Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects
Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana cara
menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik.Program
riset ini dikenal dengan nama ARPANET.Pada1970,sudah
lebih dari 10 komputer yang berhasil
dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan
membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil
menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu
mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga
diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun
1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.
Komputer University College di London
merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota
jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton
Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang
menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama
kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26
Maret 1976,
ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar
Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang
bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom
Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang
diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan
meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil
berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan
semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui
oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol
atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di
Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang
menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark
dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan
komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang
kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung
dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah
komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000
lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland
menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah
komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun.
Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990
adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program
editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer
yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut
www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung
membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama
muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh
menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau
e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo!
didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.
PENGERTIAN INTERNET
Internet merupakan jaringan global komputer
dunia,
besar dan sangat luas sekali dimana setiap komputer saling terhubung satu sama
lainnya dari negara ke negara lainnya di seluruh dunia dan berisi berbagai
macam informasi, mulai dari text, gambar, audio, video, danlainnya.Internet
itu sendiri berasal dari kata Interconnection Networking, yang berarti
hubungan dari banyak jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan
menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, salelit, dan lainnya.
Dalam mengatur integrasi dan komunikasi
jaringan komputer ini menggunakan protokol yaituTCP/IP. TCP
(Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan
bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan
data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi
memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute
tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.
Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas
Internet, Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider)
yang ada dan melayani daerah Anda. ISP ini biasanya disebut
penyelenggara jasa internet. Anda bisa menggunakan fasilitas dari Telkom
seperti Telkomnet Instan, speedy dan juga layanan ISP lain seperti first media,
netzip dan sebagainya.
Internet memberikan banyak sekali manfaat,
ada yang bisa memberikan manfaat baik dan buruk. Baik bila digunakan untuk
pembelajaran informasi dan buruk bila digunakan untuk hal yang berbau
pornografi, informasi kekerasan, dan lain-lainnya yang negatif.
Internet ini memungkinkan pengguna komputer
di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi dengan cara
saling mengirimkan email, menghubungkan komputer satu ke ke komputer yang lain,
mengirim dan menerima file dalam bentuk text, audio, video, membahas topik
tertentu pada newsgroup, website social networking dan lain-lain.
MODUS-MODUS KEJAHATAN DALAM TEKNOLOGI INFORMASI
3.Cybercrime
Seiring dengan perkembangan
teknologi Internet, menyebabkan munculnya kejahatan yang disebut dengan
“CyberCrime” atau kejahatan melalui jaringan Internet. Munculnya beberapa kasus
“CyberCrime” di Indonesia, seperti pencurian kartu kredit, hacking beberapa
situs, menyadap transmisi data orang lain, misalnya email, dan memanipulasi
data dengan cara menyiapkan perintah yang tidak dikehendaki ke dalam programmer
komputer. Sehingga dalam kejahatan komputer dimungkinkan adanya delik formil
dan delik materil. Delik formil adalah perbuatan seseorang yang memasuki
komputer orang lain tanpa ijin, sedangkan delik materil adalah perbuatan yang
menimbulkan akibat kerugian bagi orang lain. Adanya CyberCrime telah menjadi
ancaman stabilitas, sehingga pemerintah sulit mengimbangi teknik kejahatan yang
dilakukan dengan teknologi komputer, khususnya jaringan internet dan intranet.
Pengertian Cybercrime
Cybercrime merupakan bentuk-bentuk kejahatan
yang timbul karena pemanfaatan teknologi internet. Beberapa pendapat
mengindentikkan cybercrime dengan computer crime. The
U.S. Department of Justice memberikan pengertien computer
crimesebagai:
“…any illegal act requiring knowledge of
computer technology for its perpetration, investigation, or prosecution”.
Pengertian tersebut identik dengan yang
diberikan Organization of European Community Development, yang
mendefinisikan computer crime sebagai:
“any illegal, unehtical or
unauthorized behavior relating to the automatic processing and/or the
transmission of data”.
Adapun Andi Hamzah (1989) dalam tulisannya
“Aspek-aspek Pidana di Bidang komputer”, mengartikan kejahatan komputer
sebagai:
”Kejahatan di bidang
komputer secara umum dapat diartikan sebagai penggunaan komputer secara
illegal”.
Dari beberapa pengertian di atas, secara
ringkas dapat dikatakan bahwa cybercrimedapat didefinisikan sebagai
perbuatan melawan hukum yang dilakukan dengan menggunakan internet yang
berbasis pada kecanggihan teknologi komputer dan telekomunikasi.
Karakteristik Cybercrime
Selama ini dalam kejahatan konvensional,
dikenal adanya dua jenis kejahatan sebagai berikut:
a. Kejahatan kerah biru
(blue collar crime)
Kejahatan ini merupakan jenis kejahatan atau
tindak kriminal yang dilakukan secara konvensional seperti misalnya
perampokkan, pencurian, pembunuhan dan lain-lain.
b. Kejahatan kerah putih
(white collar crime)
Kejahatan jenis ini terbagi dalam empat
kelompok kejahatan, yakni kejahatan korporasi, kejahatan birokrat, malpraktek,
dan kejahatan individu.
Cybercrime sendiri sebagai kejahatan yang
muncul sebagai akibat adanya komunitas dunia maya di internet, memiliki karakteristik
tersendiri yang berbeda dengan kedua model di atas. Karakteristik unik dari
kejahatan di dunia maya tersebut antara lain menyangkut lima hal berikut:
1.
Ruang
lingkup kejahatan
2.
Sifat
kejahatan
3.
Pelaku
kejahatan
4.
Modus
Kejahatan
5.
Jenis
kerugian yang ditimbulkan
Jenis Cybercrime
Berdasarkan jenis aktifitas yang
dilakukannya, cybercrime dapat digolongkan menjadi beberapa jenis sebagai
berikut:
a. Unauthorized Access
Merupakan kejahatan yang terjadi ketika
seseorang memasuki atau menyusup ke dalam suatu sistem jaringan komputer secara
tidak sah, tanpa izin, atau tanpa sepengetahuan dari pemilik sistem jaringan
komputer yang dimasukinya. Probing dan port merupakan
contoh kejahatan ini.
b. Illegal Contents
Merupakan kejahatn yang dilakukan dengan
memasukkan data atau informasi ke internet tentang suatu hal yang tidak benar,
tidak etis, dan dapat dianggap melanggar hukum atau menggangu ketertiban umum,
contohnya adalah penyebaran pornografi.
c. Penyebaran virus secara
sengaja
Penyebaran virus pada umumnya dilakukan
dengan menggunakan email. Sering kali orang yang sistem emailnya terkena virus
tidak menyadari hal ini. Virus ini kemudian dikirimkan ke tempat lain melalui
emailnya.
d. Data Forgery
Kejahatan jenis ini dilakukan dengan tujuan
memalsukan data pada dokumen-dokumen penting yang ada di internet.
Dokumen-dokumen ini biasanya dimiliki oleh institusi atau lembaga yang memiliki
situs berbasis web database.
e. Cyber Espionage,
Sabotage, and Extortion
Cyber Espionage merupakan kejahatan yang
memanfaatkan jaringan internet untuk melakukan kegiatan mata-mata terhadap
pihak lain, dengan memasuki sistem jaringan komputer pihak sasaran. Sabotage
and Extortion merupakan jenis kejahatan yang dilakukan dengan membuat gangguan,
perusakan atau penghancuran terhadap suatu data, program komputer atau sistem
jaringan komputer yang terhubung dengan internet.
f. Cyberstalking
Kejahatan jenis ini dilakukan untuk
mengganggu atau melecehkan seseorang dengan memanfaatkan komputer, misalnya
menggunakan e-mail dan dilakukan berulang-ulang. Kejahatan tersebut menyerupai
teror yang ditujukan kepada seseorang dengan memanfaatkan media internet. Hal
itu bisa terjadi karena kemudahan dalam membuat email dengan alamat tertentu
tanpa harus menyertakan identitas diri yang sebenarnya.
g. Carding
Carding merupakan kejahatan yang dilakukan
untuk mencuri nomor kartu kredit milik orang lain dan digunakan dalam transaksi
perdagangan di internet.
h. Hacking dan Cracker
Istilah hacker biasanya
mengacu pada seseorang yang punya minat besar untuk mempelajari sistem komputer
secara detail dan bagaimana meningkatkan kapabilitasnya. Adapun mereka yang
sering melakukan aksi-aksi perusakan di internet lazimnya disebutcracker.
Boleh dibilang cracker ini sebenarnya adalah hacker yang yang memanfaatkan
kemampuannya untuk hal-hal yang negatif. Aktivitas cracking di internet
memiliki lingkup yang sangat luas, mulai dari pembajakan account milik orang
lain, pembajakan situs web, probing, menyebarkan virus, hingga pelumpuhan
target sasaran. Tindakan yang terakhir disebut sebagai DoS (Denial Of Service).
Dos attack merupakan serangan yang bertujuan melumpuhkan target (hang, crash)
sehingga tidak dapat memberikan layanan.
i. Cybersquatting and
Typosquatting
Cybersquatting merupakan kejahatan yang
dilakukan dengan mendaftarkan domain nama perusahaan orang lain dan kemudian
berusaha menjualnya kepada perusahaan tersebut dengan harga yang lebih mahal.
Adapun typosquatting adalah kejahatan dengan membuat domain plesetan yaitu
domain yang mirip dengan nama domain orang lain. Nama tersebut merupakan nama
domain saingan perusahaan.
j. Hijacking
Hijacking merupakan kejahatan melakukan
pembajakan hasil karya orang lain. Yang paling sering terjadi adalah Software Piracy
(pembajakan perangkat lunak).
k. Cyber Terorism
Suatu tindakan cybercrime termasuk cyber
terorism jika mengancam pemerintah atau warganegara, termasuk cracking ke situs
pemerintah atau militer. Beberapa contoh kasus Cyber Terorism sebagai berikut :
·
Ramzi
Yousef, dalang penyerangan pertama ke gedung WTC, diketahui menyimpan detail
serangan dalam file yang di enkripsi di laptopnya.
·
Osama
Bin Laden diketahui menggunakan steganography untuk komunikasi jaringannya.
·
Suatu
website yang dinamai Club Hacker Muslim diketahui menuliskan daftar tip untuk
melakukan hacking ke Pentagon.
·
Seorang
hacker yang menyebut dirinya sebagai DoktorNuker diketahui telah kurang lebih
lima tahun melakukan defacing atau mengubah isi halaman web dengan propaganda
anti-American, anti-Israel dan pro-Bin Laden.
Berdasarkan Motif Kegiatan
Berdasarkan motif kegiatan yang dilakukannya,
cybercrime dapat digolongkan menjadi dua jenis sebagai berikut :
a. Cybercrime
sebagai tindakan murni kriminal
Kejahatan yang murni merupakan tindak kriminal
merupakan kejahatan yang dilakukan karena motif kriminalitas. Kejahatan jenis
ini biasanya menggunakan internet hanya sebagai sarana kejahatan. Contoh
kejahatan semacam ini adalah Carding, yaitu pencurian nomor kartu kredit milik
orang lain untuk digunakan dalam transaksi perdagangan di internet. Juga
pemanfaatan media internet (webserver, mailing list) untuk menyebarkan material
bajakan. Pengirim e-mail anonim yang berisi promosi (spamming) juga dapat
dimasukkan dalam contoh kejahatan yang menggunakan internet sebagai sarana. Di
beberapa negara maju, pelaku spamming dapat dituntut dengan tuduhan pelanggaran
privasi.
b. Cybercrime
sebagai kejahatan ”abu-abu”
Pada jenis kejahatan di internet yang masuk
dalam wilayah ”abu-abu”, cukup sulit menentukan apakah itu merupakan tindak
kriminal atau bukan mengingat motif kegiatannya terkadang bukan untuk
kejahatan. Salah satu contohnya adalah probing atau portscanning. Ini adalah
sebutan untuk semacam tindakan pengintaian terhadap sistem milik orang lain
dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari sistem yang diintai,
termasuk sistem operasi yang digunakan, port-port yang ada, baik yang terbuka
maupun tertutup, dan sebagainya.
Berdasarkan Sasaran
Kejahatan
Sedangkan berdasarkan sasaran kejahatan,
cybercrime dapat dikelompokkan menjadi beberapa kategori seperti berikut ini :
a. Cybercrime yang
menyerang individu (Against Person)
Jenis kejahatan ini, sasaran serangannya
ditujukan kepada perorangan atau individu yang memiliki sifat atau kriteria
tertentu sesuai tujuan penyerangan tersebut. Beberapa contoh kejahatan ini
antara lain :
·
Pornografi
Kegiatan yang dilakukan dengan membuat,
memasang, mendistribusikan, dan menyebarkan material yang berbau pornografi,
cabul, serta mengekspos hal-hal yang tidak pantas.
·
Cyberstalking
Kegiatan yang dilakukan untuk mengganggu atau
melecehkan seseorang dengan memanfaatkan komputer, misalnya dengan menggunakan
e-mail yang dilakukan secara berulang-ulang seperti halnya teror di dunia
cyber. Gangguan tersebut bisa saja berbau seksual, religius, dan lain
sebagainya.
·
Cyber-Tresspass
Kegiatan yang dilakukan melanggar area
privasi orang lain seperti misalnya Web Hacking. Breaking ke PC, Probing, Port
Scanning dan lain sebagainya.
b. Cybercrime menyerang hak
milik (Againts Property)
Cybercrime yang dilakukan untuk menggangu
atau menyerang hak milik orang lain. Beberapa contoh kejahatan jenis ini
misalnya pengaksesan komputer secara tidak sah melalui dunia cyber, pemilikan
informasi elektronik secara tidak sah/pencurian informasi, carding,
cybersquating, hijacking, data forgery dan segala kegiatan yang bersifat
merugikan hak milik orang lain.
c. Cybercrime menyerang
pemerintah (Againts Government)
Cybercrime Againts Government dilakukan dengan
tujuan khusus penyerangan terhadap pemerintah. Kegiatan tersebut misalnya cyber
terorism sebagai tindakan yang mengancam pemerintah termasuk juga
cracking ke situs resmi pemerintah atau situs militer.
Penanggulangan Cybercrime
Aktivitas pokok dari cybercrime adalah
penyerangan terhadap content, computer system dan communication system milik
orang lain atau umum di dalam cyberspace. Fenomena cybercrime memang harus
diwaspadai karena kejahatan ini agak berbeda dengan kejahatan lain pada
umumnya. Cybercrime dapat dilakukan tanpa mengenal batas teritorial dan tidak
memerlukan interaksi langsung antara pelaku dengan korban kejahatan. Berikut
ini cara penanggulangannya :
a. Mengamankan sistem
Tujuan yang nyata dari sebuah sistem keamanan
adalah mencegah adanya perusakan bagian dalam sistem karena dimasuki oleh
pemakai yang tidak diinginkan. Pengamanan sistem secara terintegrasi sangat
diperlukan untuk meminimalisasikan kemungkinan perusakan tersebut. Membangun
sebuah keamanan sistem harus merupakan langkah-langkah yang terintegrasi pada
keseluruhan subsistemnya, dengan tujuan dapat mempersempit atau bahkan menutup
adanya celah-celah unauthorized actions yang merugikan. Pengamanan secara
personal dapat dilakukan mulai dari tahap instalasi sistem sampai akhirnya
menuju ke tahap pengamanan fisik dan pengamanan data. Pengaman akan adanya
penyerangan sistem melaui jaringan juga dapat dilakukan dengan melakukan
pengamanan FTP, SMTP, Telnet dan pengamanan Web Server.
b. Penanggulangan Global
The Organization for Economic Cooperation and
Development (OECD) telah membuat guidelines bagi para pembuat kebijakan yang
berhubungan dengan computer-related crime, dimana pada tahun 1986 OECD telah
memublikasikan laporannya yang berjudul Computer-Related Crime : Analysis of Legal
Policy. Menurut OECD, beberapa langkah penting yang harus dilakukan setiap
negara dalam penanggulangan cybercrime adalah :
1.
melakukan
modernisasi hukum pidana nasional beserta hukum acaranya.
2.
meningkatkan
sistem pengamanan jaringan komputer nasional sesuai standar internasional.
3.
meningkatkan
pemahaman serta keahlian aparatur penegak hukum mengenai upaya pencegahan,
investigasi dan penuntutan perkara-perkara yang berhubungan dengan cybercrime.
4.
meningkatkan
kesadaran warga negara mengenai masalah cybercrime serta pentingnya mencegah
kejahatan tersebut terjadi.
5.
meningkatkan
kerjasama antarnegara, baik bilateral, regional maupun multilateral, dalam
upaya penanganan cybercrime.
Perlunya Cyberlaw
Perkembangan teknologi yang sangat pesat,
membutuhkan pengaturan hukum yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi
tersebut. Sayangnya, hingga saat ini banyak negara belum memiliki
perundang-undangan khusus di bidang teknologi informasi, baik dalam aspek
pidana maupun perdatanya.
Permasalahan yang sering muncul adalah bagaimana
menjaring berbagai kejahatan komputer dikaitkan dengan ketentuan pidana yang
berlaku karena ketentuan pidana yang mengatur tentang kejahatan komputer yang
berlaku saat ini masih belum lengkap.
Banyak kasus yang membuktikan bahwa perangkat
hukum di bidang TI masih lemah. Seperti contoh, masih belum dilakuinya dokumen
elektronik secara tegas sebagai alat bukti oleh KUHP. Hal tersebut dapat
dilihat pada UU No8/1981 Pasal 184 ayat 1 bahwa undang-undang ini secara
definitif membatasi alat-alat bukti hanya sebagai keterangan saksi, keterangan
ahli, surat, petunjuk, dan keterangan terdakwa saja. Demikian juga dengan
kejahatan pornografi dalam internet, misalnya KUH Pidana pasal 282 mensyaratkan
bahwa unsur pornografi dianggap kejahatan jika dilakukan di tempat umum.
Hingga saat ini, di negara kita ternyata
belum ada pasal yang bisa digunakan untuk menjerat penjahat cybercrime. Untuk
kasuss carding misalnya, kepolisian baru bisa menjerat pelaku kejahatan
komputer dengan pasal 363 soal pencurian karena yang dilakukan tersangka memang
mencuri data kartu kredit orang lain.
Media internet sudah menjadi kebutuhan bagi
banyak orang. Hal ini sangat penting mengingat kemudahan-kemudahan yang bisa
didapat dari media tersebut, maka peluang untuk mendapatkan order dari
pengunjung web semakin terbuka.
Seiring kemajuan teknologi informasi serta
pertumbuhan pengguna internet yang semakin banyak, berarti semakin banyak orang
yang mencari informasi di mesin pencari (Google, Yahoo,Bing dsb). Kami
melengkapi web toko online dengan fitur Search Engine Friendly URL untuk
masing-masing produk, artikel dan halaman, yang bisa anda ubah sendiri sesuai
kata kunci yang dikejar, agar calon pelanggan yang sedang mencari sebuah produk
maupun informasi terkait melalui media internet, lebih mudah menemukan produk
yang dijual maupun artikel dan halaman di web anda. Masih banyak lagi
fitur-fitur yang kami sediakan untuk memudahkan pembeli dan tentunya juga anda
sebagai pemilik website toko online.
Internet pada saat ini sangat digandrungi
oleh anak-anak, remaja maupun orang dewasa apa lagi muncul berbagai provider
yang menawarkan berbagai kemudahaan di dalam koneksi internet. Para provider
juga bersaing dalam hal harga maupun kecepatan dalam mengakses internet,
sehinga dunia maya ini dapat dijangkau dengan mudah oleh semua orang. Pada saat
ini bisnis dalam dunia maya sangat berkembang baik di luar negeri. Di Indonesia
sendiri baru mulai berkembang dan memiliki peluang yang cerah untuk berbisnis
melalui cara ini. Banyak pengusaha yang berbisnis online bisa memperoleh
keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan membuka toko
offline/konvensional.
Berbisnis online itu disamping menghemat
biaya (tidak memerlukan tempat, tidak membutuhkan karyawan, dll.) juga bisa
dikenal diberbagai penjuru. Belanja melalui jalur ini biasa dikenal dengan
sebutan e-store, e-shop, webstore maupun toko online. Saat ini toko online
sangat digandrungi karena memberikan berbagai kemudahan dalam berbelanja dan
memberikan penawaran yang lebih banyak pilihan. Toko online berkembang dari
waktu kewaktu sehingga semakin banyak barang yang ditawarkan. Para pengunjung
situs ini sangat mudah bisa mengunjungi toko online disela-sela kesibukannya
karena tidak memerlukan waktu dan tenaga untuk dapat melihat dan memilih barang
yang dicari oleh pengunjung toko ini.
Para pemilik toko online ini juga diberi
kemudahan untuk menjadikan bisnis ini sebagai bisnis utama maupun sampingan,
karena pemilik tidak perlu menjaga toko ini, dan bisa melakukan aktivitas
yang lain, pemiliknya hanya perlu sesekali mengecek order di toko online
tersebut dan pembeli hanya perlu mengisi form pemesanan barang, bisa juga memesannya
melalui email, sms atau BBM/WA, dan melakukan pembayaran melalui transfer bank
sehingga kedua belah pihak tidak perlu bertatap muka secara langsung.
Seperti
penjelasan atau postingan saya sebelumnya, bahwa Charger IJ ini adalah charger
handphone yang menggunakan bantuan dari kopi panas, dan juga telah
diberitahukan bahwa bahan utama nya adalah sebagai berikut :
1. Mesin Striling merupakan
suatu alatyang mengubah energi panas menjadi tenaga mekanikal secara bergantian
antara pemadatan (kompresi) dan pemuaian dari jumlah udara yang tetap atau
bentuk gas yang lain
2. Kabel USB adalah sebuah
kabel serabut yang digunkan untuk menyambungkan perangkat luar kedalam CPU atau
kedalam Komputer. Yang berguna untuk mentransmisikan data dari perangkat
portable luar kedalam CPU dan kemudian data informasi tersebut akan diproses
lebih lanjut oleh komputer.
3. Adapun One Puck
merupakan tatakan atau salah satu perangkat keras yang digunakan untuk
meletakan Secangkir Kopi panas.
Sedangkan,
untu cara kerjanya adalah memnfaatkan mesin striling yang terdapat dalam One
Puck atau tatakan berwarna merah dan biru untuk meletakan minuman panas
ataupun dingin, disini saya gunakan adalah yang berwarna merah karena saya
disini memanfaatkan kopi panas, dan selanjutnya dihubungkan ke ponsel dengan
menggunakan kabel USB. Dari suhu panas yang ditimbulkan oleh gelas kopi tersebut,
One Puck mengubahnya menjadi energi dengan menggunakan sistem striling Engine
untuk mengisi ulang baterai ponsel yang dihubungkan tersebut.
Charger
IJ salah satu Charger handphone yang bias digunakan tanpa membutuhkan pembangkit
listrik, tetapi benda yang satu ini hanya membutuhkan suhu panas. Alat ini
dirancang khusus untuk mengantarkan aliran listrik dengan ransangan sumber suhu
panas atau dengan membutuhkan suhu & waktu sekitar 30-60 Detik, alat ini
sudah bisa berfungsi sebagai charger Handphone. Karena sumber panas akan
memberikan daya yang cukup untuk mesin striling untuk mengisi penuh bateai
ponsel anda, alat ini juga mendukung semua jenis yang tentunya menggunakan
system Charger USB.
Seperti
yang telah saya post sebelumya, bahan utama dalam pembuatan charger yang
memanfaatkan kopi panas adalah dengan adanya mesin Striling, One Puck Serta
kabel USB.
Seiring perkembangan zaman, perkembangan duni teknnologi
pun semakin pesat, telah banyak diciptakan berbagai macam jenis teknologi yang
dibuat untuk memudahkan kegiatan manusia pada umumnya. disini saya berusaha
mengemukakan ide tentang rancangan pembuatan charger Handphone yang saya
berinama 1J. Produk yang akan saya rancang ini membutuhkan beberapa bahan utama
yangdapat meninjau keberhasilan penciptaan charger ini. Adapun bahan utamanya
adalah adanya mesin Striling.
Semakin
berkembangnya dunia teknologi, semakin memudakan pula manusia untuk melakukan
berbagai aktifitasnya, karena dengan kecanggihan yang ada manusia dapat
melakukan apa saja.
Seperti
yang telah saya jelaskan dipostingan sebelumnya, bahwa yang namanya baterai
Handphone itu mudah sekali habis alias Lowbat. Apalagi ketika
sedang asik-asiknya bermain game seperti yang sedang tren sekarang yaitu
GETRICH. Kadang saya perhatikan solusi dengan menggunakan Powerbank itu memang
mudah, akan tetapi tetap saja harus ada saluran listrik, karena jika powerbank
tidak di charger layaknya Handphone, maka powerbank pun tidak dapat dipergunakan
untuk memdapatkan daya baterai kembali.
Dengan
adanya Charger Handphone yang menggunakan tenaga Secangkir Kopi Panas, manusia
dapat dengan mudah menstransfer daya baterai, padahal pada umumnya yang kita
ketahui handphone apabila ingin dilakukan pengisian baterai minimalnya harus
ada listrik.
Pernahkah
anda membayangkan, secangkir minuman panas, bisa untuk mengisi
baterai Smartphone?
Produk
yang saya beri nama Charger IJ yang dapat menstransfer
energi panas mmenjadi arus listrik yang menghasilkan 1000 mAh ditegangan 5V
dengan daya output maksimal sebesar 5W.
yang
membuat produk ini berbeda dari Charger konvensional lainnya adalah bahwa
Charger IJ hanya membutuhkan secangkir minuman panas untuk memastikan perangkat
anda tidak pernah mati lagi ketika dibawa kemana-mana.
Handphone
merupakan alat komunikasi yang bisa dibawa kemana-mana. Untuk menghubungkan
seseorang denagn yang lainnya ketika jarak jauh. Setiap orang sudah memiliki
handphone, dari anak kecil samapai orang tua, dari anak sekolah samapai orang
yang sudah kerja.
Handphone
sangat penting bagi kehidupan manusia dan sudah merupakan bagian dari hidup
mereka. Selain menjadi telepon, Handphone modern juga mendukung layanan
tambahan banyak, dan aksesoris. Seperti, SMS/Pesan singkat, e-mail, akses
internet, game, Bluetooth, dan Kamera, MMS Messaging, Player Radio, MP3, dan
GPS, serta yang sedang tren di Android adalah berbagai macam aplikasi Chatting
antara lain LINE, Kakao Talk, Bee Talk, WhatsApp, BBM, dsb).
Seperti
yang kita ketahui, bahwa penggunaaan Handphone secara terus-menerus menyebabkan
penurunan daya baterai handphone yang lebih cepat, kejadian ini bisa terjadi
kapan saja dan dimana saja. Dan yang membuat kita sulit jika handphone tersebut
sedang dibutuhkan dan ternyata didapatkan mati atau Lowbat, kita harus mencari
saluran tenaga listrik agar daya baterai handphone bisa terisi kembali,
sehingga handphone dapat dipergunakan kembali. Saluran tenaga listrik bisa
melalui colokan listrik ataupun yang sedang trennya yaitu menggunakan
powerbank.
Menurut
saya, dengan sistem penggunaan powerbankkini sudah terdengar biasa saja, saya
berfikir dengan ide teknologi yang saya dapatkan ini lebih memudahkan
user/pengguna mengisi daya baterai handphone.Dengan sistem transfer dari
panasnya kopi yang menghasilkan listrik
Seiring
kemajuan bidang teknologi, tren dalam proses pengisian daya pun ikut
terbaharui. Wireless charger turut hadir sebagai salah satu dari banyak
fitur 'apik' yang muncul pada perangkat gadget terbaru. Sebut saja smartphone
-Google Nexus 4, Google Nexus 5, Google Nexus 7, HTC gx, HTC Droid DNA, BlackBerry Z30, LG G2,
LG Optimus F5, Motorola Droid Maxx, Motorola Droid Mini, Philips X723, Nokia
Lumia 920 dan Nokia Lumia 1520-, Bluetooth speaker -Sony BSP10- dan lainnya
yang telah menggunakan standar.
Wireless charger segera menarik perhatian, karena
memungkinkan Anda untuk mengisi daya perangkat gadget secara langsung, tanpa
menggunakan kabel. Anda cukup meletakkan gadget di atas permukaannya dan
baterai pun akan terisi otomatis. Namun, tentu saja, wireless charger sendiri
baru dapat difungsikan setelah dicolokkan ke electronic outlet/ stop kontak.
Charger ini menggunakan induksi magnetik untuk mengisi
daya. Singkatnya, seperti yang dilansir dari indoenergi.com, wireless charger
menggunakan magnet untuk mengirimkan energi. Arus yang berasal dari stop kontak
dinding bergerak melalui kawat didalamnya, menciptakan medan magnet.
Medan magnet menciptakan arus listrik di dalam kumparan
atau salah satu bagian dari komponen kelistrikan yang memiliki peran penting
pada perangkat elektronik. Kumparan ini terhubung ke baterai dan mengirimkan
arus listrik untuk mengisi baterai.
Seiring dengan semakin canggihnya dunia teknologi
dari masa kemasa dan juga semakin maraknya kejahatan di Indonesia ini, seperti
penipuan. Maka saya ingin membuat teknologi yang mampu mengamankan isi dompet
anda dari tindak kejahatan tersebut.
yaitu saya beri nama dengan Dompet anti Penipuan adalah dompet yang dilengkapi dengan vibrator. Dompet itu akan bergetar setiap kali rekening pemilik dompet itu tengah berubah.Setiap kali transaksi keuangan terjadi, dompet akan mengetahuinya.
Ia bisa bergetar dengan pola getar yang bisa diprogram. Bahkan ia juga bisa disetel untuk memperingatkan adanya upaya penipuan, ketika dompet bergetar tanpa adanya sebuah transaksi pembelian.
yaitu saya beri nama dengan Dompet anti Penipuan adalah dompet yang dilengkapi dengan vibrator. Dompet itu akan bergetar setiap kali rekening pemilik dompet itu tengah berubah.Setiap kali transaksi keuangan terjadi, dompet akan mengetahuinya.
Ia bisa bergetar dengan pola getar yang bisa diprogram. Bahkan ia juga bisa disetel untuk memperingatkan adanya upaya penipuan, ketika dompet bergetar tanpa adanya sebuah transaksi pembelian.
12.Instagram
Melihat kiriman foto di Instagram
|
|
Perancang
|
|
Rilis perdana
|
6
Oktober 2010; 5 tahun lalu
|
Status pengembangan
|
Aktif
|
Situs web resmi
|
Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan
pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital,
dan membagikannya ke berbagai layananjejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.[4] Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong
foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan polaroid. Hal ini berbeda
dengan rasio aspek 4:3
yang umum digunakan oleh kamera pada peranti bergerak.
Instagram dapat
digunakan di iPhone, iPad atau iPod Touch versi apapun dengan sistem operasi iOS 7.0
atau yang terbaru,[1] telepon genggam Android apapun dengan
sistem operasi versi 2.2 (Froyo) ke atas, dan Windows Phone 8.[2] Aplikasi ini dapat diunggah melalui Apple App Store dan Google Play.[5]
Pada tanggal 9 April
2012, diumumkan bahwa Facebook setuju
mengambil alih Instagram dengan nilai sekitar $1 miliar.[6]
Sejarah
Burbn, Inc.
Perusahaan Burbn,
Inc. berdiri
pada tahun 2010, perusahaan teknologi startup yang hanya berfokus kepada
pengembangan aplikasi untuk telepon genggam. Pada awalnya Burbn, Inc. sendiri memiliki
fokus yang terlalu banyak di dalam HTML5 peranti bergerak,
namun kedua CEO, Kevin Systrom dan Mike
Krieger memutuskan
untuk lebih fokus pada satu hal saja. Setelah satu minggu mereka mencoba untuk
membuat sebuah ide yang bagus, pada akhirnya mereka membuat sebuah versi pertama
dari Burbn, namun di dalamnya masih ada beberapa hal yang belum sempurna. Versi
Burbn yang sudah final, aplikasi yang sudah dapat digunakan iPhone yang isinya terlalu banyak dengan fitur-fitur.
Sulit bagi Kevin Systrom dan Mike Krieger untuk mengurangi fitur-fitur yang
ada, dan memulai lagi dari awal, namun akhirnya mereka hanya memfokuskan pada
bagian foto, komentar, dan juga kemampuan untuk menyukai sebuah foto. Itulah
yang akhirnya menjadi Instagram.[7]
Nama Instagram
Instagram berasal dari pengertian dari keseluruhan fungsi
aplikasi ini. Kata "insta" berasal dari kata "instan",
seperti kamera polaroid yang pada masanya
lebih dikenal dengan sebutan "foto instan". Instagram juga dapat
menampilkan foto-foto secara instan, seperti polaroid di dalam tampilannya. Sedangkan untuk
kata "gram" berasal dari kata "telegram" yang cara kerjanya untuk mengirimkan
informasi kepada orang lain dengan cepat. Sama halnya dengan Instagram yang
dapat mengunggah foto dengan menggunakan jaringan Internet, sehingga informasi yang ingin disampaikan
dapat diterima dengan cepat. Oleh karena itulah Instagram merupakan lakuran dari kata instan dan telegram.[8]
Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Instagram akan
diambil alih oleh Facebook senilai hampir $1 miliar dalam bentuk tunai dan
saham.[6]
Fitur-fitur Instagram
Pengikut
Sistem sosial di dalam Instagram adalah dengan menjadi
mengikuti akun pengguna lainnya, atau memiliki pengikut Instagram. Dengan
demikian komunikasi antara sesama pengguna Instagram sendiri dapat terjalin
dengan memberikan tanda suka dan juga mengomentari foto-foto yang telah
diunggah oleh pengguna lainnya. Pengikut juga menjadi salah satu unsur yang
penting, dan jumlah tanda suka dari para pengikut sangat mempengaruhi apakah
foto tersebut dapat menjadi sebuah foto yang populer atau tidak. Untuk
menemukan teman-teman yang ada di dalam Instagram, dapat menggunakan
teman-teman mereka yang juga menggunakan Instagram melalui jejaring sosial
sepertiTwitter dan juga Facebook.
Mengunggah Foto
Kegunaan utama dari Instagram adalah sebagai tempat untuk
mengunggah dan berbagi foto-foto kepada pengguna lainnya. Foto yang ingin
diunggah dapat diperoleh melalui kamera iDevice ataupun foto-foto yang ada di
album foto di iDevice tersebut.
Kamera
Foto yang telah diambil melalui aplikasi Instagram dapat disimpan di dalam
iDevice tersebut. Penggunaan kamera melalui Instagram juga dapat langsung menggunakan
efek-efek yang ada, untuk mengatur pewarnaan dari foto yang dikehendaki oleh
sang pengguna. Ada juga efek kamera tilt-shift yang fungsinya
adalah untuk memfokuskan sebuah foto pada satu titik tertentu. Setelah foto
diambil melalui kamera di dalam Instagram, foto tersebut juga dapat diputar
arahnya sesuai dengan keinginan para pengguna.[9]
Foto-foto yang akan diunggah melalui Instagram tidak
terbatas atas jumlah tertentu, namun Instagram memiliki keterbatasan ukuran
untuk foto. Ukuran yang digunakan di dalam Instagram adalah dengan rasio 3:2
atau hanya sebatas berbentuk kotak saja. Para pengguna hanya dapat mengunggah
foto dengan format itu saja, atau harus menyunting foto tersebut terlebih
dahulu untuk menyesuaikan format yang ada. Setelah para pengguna memilih sebuah
foto untuk diunggah di dalam Instagram, maka pengguna akan dibawa ke halaman
selanjutnya untuk menyunting foto tersebut.
Efek foto
Pada versi awalnya, Instagram memiliki 15 efek foto yang
dapat digunakan oleh para pengguna pada saat mereka hendak menyunting fotonya.
Efek tersebut terdiri dari: X-Pro II, Lomo-fi, Earlybird, Sutro, Toaster,
Brannan, Inkwell, Walden, Hefe, Apollo, Poprockeet, Nashville, Gotham, 1977,
dan Lord Kelvin[10]. Pada tanggal 20 September 2011, Instagam telah
menambahkan 4 buah efek terbaru, yaitu Valencia, Amaro, Rise, Hudson, dan
menghapus 3 efek, Apollo, Poprockeet, dan Gotham. Dalam pengaplikasian efek,
para pengguna juga dapat menghilangkan bingkai-bingkai foto yang sudah termasuk
di dalam efek tersebut.
Fitur lainnya yang ada pada bagian penyuntingan
adalah tilt-shift yang fungsinya sama dengan efek kamera
melalui Instagram, yaitu untuk memfokuskan satu titik pada sebuah foto, dan
sekelilingnya menjadi buram. Dalam penggunaannya aplikasi tilt-shiftmemiliki
2 bentuk, yaitu persegi panjang dan bulat. Kedua bentuk tersebut dapat diatur
besar dan kecilnya dengan titik fokus yang diinginkan. Tilt-shift juga
mengatur rupa foto di sekeliling titik fokus tersebut, sehingga para pengguna
dapat mengatur tingkat keburaman pada sekeliling titik fokus di dalam foto
tersebut.[11]
Judul foto
Setelah foto tersebut disunting, maka foto akan dibawa ke
halaman selanjutnya, dan foto tersebut akan diunggah ke dalam Instagram ataupun
ke jejaringan sosial lainnya. Di dalamnya tidak hanya ada pilihan untuk
mengunggah pada jejaring sosial atau tidak, tetapi juga untuk
memasukkan judul foto, dan menambahkan lokasi foto tersebut. Sebelum mengunggah
sebuah foto, para pengguna dapat memasukkan judul untuk menamai foto tersebut
sesuai dengan apa yang ada dipikiran para pengguna. Judul-judul tersebut dapat
digunakan pengguna untuk menyinggung pengguna Instagram lainnya dengan
mencantumkan nama akun dari orang tersebut. Para pengguna juga dapat memberikan
label pada judul foto tersebut, sebagai tanda untuk mengelompokkan foto
tersebut di dalam sebuah kategori.
Arroba
Seperti Twitter dan juga Facebook, Instagram juga memiliki fitur yang dapat
digunakan penggunanya untuk menyinggung pengguna lainnya dengan manambahkan
tanda arroba (@) dan memasukkan nama akun Instagram dari pengguna tersebut.
Para pengguna tidak hanya dapat menyinggung pengguna lainnya di dalam judul
foto, melainkan juga pada bagian komentar foto. Pada dasarnya penyinggungan
pengguna yang lainnya dimaksudkan untuk berkomunikasi dengan pengguna yang
telah disinggung tersebut.[12]
Label foto
Sebuah label dalam Instagram
adalah sebuah kode yang memudahkan para pengguna untuk mencari foto tersebut
dengan menggunakan "kata kunci". Bila para pengguna memberikan label
pada sebuah foto, maka foto tersebut dapat lebih mudah untuk ditemukan. Label
itu sendiri dapat digunakan di dalam segala bentuk komunikasi yang bersangkutan
dengan foto itu sendiri. Para pengguna dapat memasukkan namanya sendiri, tempat
pengambilan foto tersebut, untuk memberitakan sebuah acara, untuk menandakan
bahwa foto tersebut mengikuti sebuah lomba, atau untuk menandakan bahwa foto
tersebut dihasilkan oleh anggota komunitas Instagram. Foto yang telah diunggah
dapat dicantumkann label yang sesuai dengan informasi yang bersangkutan dengan
foto. Pada saat ini, label adalah cara yang terbaik jika pengguna hendak
mempromosikan foto di dalam Instagram.
Perlombaan
Sebagai sebuah media untuk mengunggah foto, salah satu
kegunaan dari Instagram adalah sebagai ajang lomba fotografi. Di dalam perlombaan ini, para penyelenggara
lomba menggunakan tanda label untuk menandakan bahwa foto yang telah diunggah
tersebut telah mengikuti lomba tersebut. Sebuah perlombaan foto melalui
Instagram adalah salah satu cara untuk membuat sebuah produk lebih dikenal oleh
masyarakat luas. Penyelenggara juga memberikan jangka waktu tertentu agar makin
banyak pengguna dari Instagram yang mengikuti perlombaan tersebut. Pada
umumnya, perlombaan yang diadakan melalui Instagram ini tidak hanya memberikan
hadiah, melainkan juga dengan menjadi pemenang maka akan lebih dikenal lagi di
dalam dunia Instagram oleh para pengguna lainnya. Hal ini memungkinkan pengikut
dari pengguna Instagram tersebut akan bertambah banyak.[13]
Publikasi Kkegiatan sosial
Sebagaimana kegunaan media sosial lainnya, Instagram menjadi sebuah media
untuk memberitahukan suatu kegiatan sosial dalam cakupan lokal ataupun mancanegara. Cara yang digunakan untuk mengikuti hal ini
adalah dengan menggunakan label Instagram. Dengan menggunakan label yang
membahas mengenai kegiatan sosial, maka makin banyak masyarakat yang mengikuti
hal tersebut. Dengan demikian Instagram menjadi salah satu alat promosi yang
baik dalam menyampaikan sebuah kegiatan itu. Contohnya seperti pada label
#thisisJapan yang dapat menarik perhatian para masyarakat international untuk
membantu bencana alam yang terjadi di
Jepang pada awal tahun lalu.[14]
Publikasi organisasi
Di dalam Instagram juga banyak organisasi-organisasi yang
mempublikasikan produk mereka. Contohnya saja seperti Starbucks, Red Bull, Burberry, ataupun Levi’s. Banyak dari produk-produk tersebut yang sudah
menggunakan media sosial untuk memperkenalkan
produk-produk terbarunya kepada masyarakat, hal ini dikarenakan agar mereka
tidak harus mengeluarkan biaya sepersen pun untuk melakukan promosi tersebut.
Tidak hanya itu saja, produsen tersebut dapat berinteraksi secara langsung
dengan para konsumen mereka melalui Instagram. Hal ini juga dimanfaatkan oleh
para produsen untuk mendapatkan konsumen lebih banyak lagi, terlebih lagi bila
mereka ingin mendekati konsumen yang belum pernah menggunakan produk mereka.
Selain organisasi bersifat perniagaan, organisasi jenis lainnya juga dapat
menggunakan Instagram untuk tujuan politik ataupun bidang lainnya.
Geotagging
Setelah memasukkan judul foto tersebut, bagian
selanjutnya adalah bagian Geotag. Bagian ini akan muncul ketika para pengguna
iDevice mengaktifkan GPS mereka di dalam iDevice mereka. Dengan
demikian iDevice tersebut dapat mendeteksi lokasi para pengguna Instagram
tersebut berada. Geotagging sendiri adalah identifikasi metadatageografis dalam situs web ataupun foto.[15] Dengan Geotag, para penguna dapat
terdeteksi lokasi mereka telah mengambil foto tersebut atau tempat foto
tersebut telah diunggah.
Jejaring sosial
Dalam berbagi foto, para pengguna juga tidak hanya dapat
membaginya di dalam Instagram saja, melainkan foto tersebut dapat dibagi juga
melalui jejaring sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, Foursquare, Tumblr, dan Flickr yang tersedia di halaman Instagram untuk membagi
foto tersebut.[16]
Tanda suka
Instagram juga memiliki sebuah fitur tanda suka yang
fungsinya memiliki kesamaan dengan yang disediakan Facebook, yaitu sebagai penanda bahwa pengguna yang
lain menyukai foto yang telah diunggah. Berdasarkan dengan durasi waktu dan
jumlah suka pada sebuah foto di dalam Instagram, hal itulah yang menjadi faktor
khusus yang mempengaruhi foto tersebut terkenal atau tidak. Namun jumlah
pengikut juga menjadi salah satu unsur yang penting membuat foto menjadi
terkenal. Bila sebuah foto menjadi terkenal, maka secara langsung foto tersebut
akan masuk ke dalam halaman popular tersendiri.
Popular
Bila sebuah foto masuk ke dalam halaman popular, yang
merupakan tempat kumpulan dari foto-foto popular dari seluruh dunia pada saat
itu. Secara tidak langsung foto tersebut akan menjadi suatu hal yang dikenal
oleh masyarakat mancanegara, sehingga jumlah pengikut juga dapat bertambah
lebih banyak. Foto-foto yang berada di halaman popular tersebut tidak akan
seterusnya berada di halaman tersebut, melainkan dengan berjalannya waktu akan
ada foto-foto popular baru lain yang masuk ke dalam daftar halaman dan
menggeser posisi kepopuleran foto tersebut.[17]
Peraturan Instagram
Sebagai tempat untuk mengunggah foto-foto dari masyarakat
umum, ada beberapa peraturan tersendiri dari Instagram, agar para pengguna
tidak mengunggah foto-foto yang tidak sesuai dengan peraturan. Peraturan yang
paling penting di dalam Instagram adalah pelarangan keras untuk foto-foto pornografi, dan juga mengunggah foto pengguna lain
tanpa meminta izin terlebih dahulu. Bila ada salah satu foto dari akun yang
terlihat sama oleh pengguna lainnya, makan pengguna tersebut memiliki hak untuk
menandai foto tersebut dengan bendera atau melaporkannya langsung kepada
Instagram.
Penandaan foto dengan bendera
Menandai foto dengan sebuah bendera berfungsi bila
pengguna ingin melakukan pengaduan terhadap penggunaan Instagram lainnya. Hal
ini dilakukan bila sebuah foto mengandung unsur pornografi, ancaman, foto curian ataupun foto yang
memiliki hak cipta. Dalam menandai sebuah foto dengan bendera (flagging),
informasi mengenai pihak yang telah menandainya akan tetap dijaga
kerahasiaannya.[18] Para pengguna lainnya juga dapat
melaporkan foto yang bukan milik mereka di saat menemukan suatu foto dengan pelanggaran-pelanggaran
yang sama.[19]
Komunitas Instagram
Instagram sendiri berkembang dari aplikasi iPhone untuk berbagi foto, hingga
sekarang menjadi sebuah perusahaan media sosial di Internet yang berkembang.
Secara statistik setelah 10 bulan setelah dikeluarkan, Instagram menarik
perhatian 7 juta pengguna baru yang telah mengunggah 150 juta foto di
Instagram. Sedangkan Instagram sendiri hanya memiliki 5 staf yang bekerja di
dalamnya.[20]
Sampai pada saat ini belum ada spam di antara para pengguna,
dan aktivitas dari para pengguna pun lebih sering untuk menyukai sebuah foto
dan memberi komentar terhadap foto tersebut. Dari para pengguna yang secara
berkelanjutan untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya, hubungan
para pengguna pun menjadi lebih erat lagi, terlebih bila mereka tahu bahwa
mereka berada di satu lokasi yang sama. Hal inilah yang pada awalnya menjadi
permulaan dari komunitas-komunitas Instagram atau lebih sering dikenal dengan
sebutan "iGers". Dengan adanya komunitas tersebut, semangat mendapatkan sebuah
tanggapan dari pengguna lainnya menjadi hal yang penting ketika mengunggah
foto. Tidak hanya itu saja, pengguna didorong untuk mengambil foto lebih banyak
lagi dan memungkinkan para pengguna untuk berpikir bahwa hasil foto mereka
lebih artistik daripada sebelumnya.[21] Sampai pada saat ini ada lebih dari 141
komunitas "Instagramers" di dunia. Komunitas tersebut tidak hanya
dikategorikan dari negara-negara, melainkan kota-kota besar di sebuah negara.[22]
iPhonesia
iPhonesia komunitas penggemar dunia fotografi dan olah
digital melalui iDevice. iPhonesia sendiri berkepanjangan dari (i)Device
(Pho)tographer Indo(nesia), adalah komunitas iPhonography pertama dan terbesar
di Indonesia. Komunitas ini mulai diperkenalkan sejak 12 Januari 2011.[23] Awal terbentuknya iPhonesia bermula dari
keinginan sesama penggemar iPhoneography (sebutan untuk penggemar foto
menggunakan iDevice) untuk saling berbagi ilmu dalam memotret dan menggunakan
aplikasi fotografi di iDevice.
"Dimulai dari sebuah akun Twitter yang diprakarsai
oleh saya dan Gunawan HP serta dibantu oleh beberapa teman, akhirnya kami
meluncurkan milis sebagai media komunikasi komunitas ini pada tanggal 16
Januari yang lalu."
Keberadaan komunitas ini dimaksudkan sebagai sebuah ajang
tukar informasi seputar aplikasi-aplikasi, dan juga teknik penyuntingan foto.
Komunitas yang dimotori oleh Gunawan HP, Aries Lukman, Kezia Susanto, dan
Riswan Christianto ini memiliki lebih dari 1300 anggota di grup milis, dan lebih dari 2300
pengikut di Twitter. Di dalam media sosial
untuk berbagi foto, Instagram memiliki lebih dari 800.000 foto telah
menggunakan hashtag #iPhonesia. Hal ini membuat #iPhonesia
masuk ke dalam 5hashtag terbesar di dunia dan masih terus berkembang
sampai pada saat ini.[25]
Instagram di masa depan
Dengan makin berjalannya waktu, Instagram pun terus
berkembang. Pada awal mulanya yang hanya beberapa pengguna saja, sekarang sudah
melebihi 8 juta pengguna dari seluruh dunia. Tidak hanya itu saja untuk
menyeimbangi makin bertambahnya para pengguna Instagram, versi Instagram pun
terus meningkat. Pada tanggal 20 September 2011, Instagram telah mengeluarkan
versi terbarunya yaitu versi 2.0 dengan beberapa fitur-fitur yang ditambahkan
dan juga diperbaiki.[26]
Berkembangnya Instagram sendiri, maka makin banyak juga
masyarakat yang ingin menggunakannya. Seperti apa yang tertulis dalam buku
Roger F. Fidler mengenai mediamorphosis, bahwa perkembangan media itu terjadi
melalui tahapan waktu tertentu dan beriringan dengan perkembangan teknologi
yang ada.[27] Namun tidak semua orang awam dapat
memiliki iDevice untuk menggunakan Instagram. Orang awam yang ingin menggunakan
Instagram, namun tidak memiliki iDevice lebih banyak menggunakan sistem
operasi Android. Ada pula aplikasi yang
menyerupai Instagram di dalam Android, Instaroid yang dalam penggunaannya masih
bisa untuk menyukai dan juga mengomentari sebuah foto, namun pada aplikasi ini
para pengguna tidak dapat menggunakan kamera melalui Instagram.[28]
Kevin Systrom sebagai CEO dari Instagram belum memastikan
apakah Android dapat menggunakan
Instagram atau tidak.
"Ini sangat penting bagi kami, namun kami hanya 6
orang. Android menjadi prioritas utama kami, namun yang pertama harus kami lakukan
adalah membangun tim dan menentukan orang terbaik di dunia untuk bekerja dalam
proyek ini."
13.Jam
tangan pendeteksi bahaya
Dengan alat ini kita bisa
mendeteksi bahaya yang akan mendekat pada diri kita,alat ini akan menyala
secara otomatis jika merasa kita akan terkena bahaya karena dengan perkembangan
jaman yang semakin canggih maka otak para manusia pun harus berfikir lebih
kreative lagi untuk menciptakan teknologi baru yg berfungsi membantu manusia
karena di masa sekarang ini kejahatan kriminal maupun bahaya yg tidak terduga
sering terjadi dan jam tangan pendeteksi bahaya ini akan di buat dengan
teknologi canggih dan membantu manusia agar mereka sedikit terhindar dari
marabahaya yg mengancam.jaman sekarang alat pendeteksi bahaya memanglah sudah
ada tapi kurang membuat manusia puas karena hanya dimiliki oleh pemerintah saja
dan hanya digunakan untuk mendeteksi bencana sedangkan alat baru yg akan kami
ciptakan di masa depan adalah jam tangan pendeteksi bahaya yg akan membantu
manusia karena jam tangan ini bisa dimiliki oleh perseorangan dan akan
mempermudah membawa alat ini kemana pun kita pergi karena alat ini berbentuk
sebuah jam tangan dan orangpun tidak akan menduga kalau jam tangan tersebut
adalah sebuah alat pendeteksi bahaya.
14.Sekelar Peka cahaya
Ini masih lanjutan dari pembahasan
selanjutnyaa tentang semua yang otomatis dan dapat dipasang dalam SOR ini karna
garganya yang relatip murah untuk memasangnya..
Oke langsung sajaa ...!!
Tinggal menghitung beberapa hari lagi puasa dan lebaran. Mungkin sebagian dari kita akan mudik meninggalkan rumah atau kosan tercinta buat silaturahim kepada orang tua, saudara dan teman-teman di kampung. Sudah jelaskan rumah akan kosong. Nah, urusan lampu rumah gimana ? terutama lampu luar ? mau dimatikan berarti sekeliling rumah gelap gulita, rawan pencuri. mau di hidupkan terus juga disamping boros listrik juga malah mengundang perhatian kalau rumah itu kosong penghuni.
Solusinya adalah pasang saja sakelar otomatis peka terhadap cahaya. Jadi jika hari matahari sudah turun dan mulai gelap lampu akan menyala dengan otomatis. Begitu pula saat matahari sudah mulai terang maka lampu akan otomatis mati sendiri. Mungkin sekarang sudah banyak klo mau nyari dipasaaran tentang sekelar otomatis dan sudah beragam model, tapi hargan nya pun lumayan. Tapi disini saya akan memberikan gambaran bagaimana cara untuk membuat sendiri dengan modal yang tidak seberapa tapi dapat manfaat yang luar biasa. Dan rangkaian ini mudah di dapat di toko2 olektronik terdekat jadi anda jangan khawatir untuk mencari alat2nya.
Tinggal menghitung beberapa hari lagi puasa dan lebaran. Mungkin sebagian dari kita akan mudik meninggalkan rumah atau kosan tercinta buat silaturahim kepada orang tua, saudara dan teman-teman di kampung. Sudah jelaskan rumah akan kosong. Nah, urusan lampu rumah gimana ? terutama lampu luar ? mau dimatikan berarti sekeliling rumah gelap gulita, rawan pencuri. mau di hidupkan terus juga disamping boros listrik juga malah mengundang perhatian kalau rumah itu kosong penghuni.
Solusinya adalah pasang saja sakelar otomatis peka terhadap cahaya. Jadi jika hari matahari sudah turun dan mulai gelap lampu akan menyala dengan otomatis. Begitu pula saat matahari sudah mulai terang maka lampu akan otomatis mati sendiri. Mungkin sekarang sudah banyak klo mau nyari dipasaaran tentang sekelar otomatis dan sudah beragam model, tapi hargan nya pun lumayan. Tapi disini saya akan memberikan gambaran bagaimana cara untuk membuat sendiri dengan modal yang tidak seberapa tapi dapat manfaat yang luar biasa. Dan rangkaian ini mudah di dapat di toko2 olektronik terdekat jadi anda jangan khawatir untuk mencari alat2nya.
Pasang alat juga dengan rangkaian seri dengan saklar
lampunya. Sehingga lampu dapat dimatikan secara manual.
15.Kunci Pintu dengan Pin
Nah kali ini cocok untuk lebaran nanti karna
ini menyangkut keamanan dari rumah anda yang sedang ditinggal kan waktu
mudik(pulang kampung) karna sistem ini menggunakan kunci yang sudah dirancang
kuat dan menggunakan pin dengan 10 digit untuk membuka pintu rumah anda.
Jadi anda tidak perlu khawatir dengan rumah anda saat anda pulang kampung,
karna sudah di lengkapi dengan sistem yang canggih ini dan bahan untuk
membuatnya adalah bahan berkualitas tinggi dandilengkapi dengan desain
yang elegan , tahan terhadap cuaca ekstrim mau panas ataupun hujan sekali pun.
Sistem ini sudah bisa dibilang canggih karena
menggunakan pin untuk membukannya, sama seperti anda akan mengambil duit di
mesin ATM, Jadi kita bisa bilang kunci ini adalah kunci anti maling.
teruss gimana kalo mati lampu apakan
ini akan terkunci secara otomatis atau terbuka?? Nah ini pertanyaan yang bagus,
mungkin saya akan membahkan batrai untuk menjaga keamanan dari kunci ini,
dan akan membahkan juga alarm sebagai pemberi tahu kepada anda jika batrai
sudah mau habis ...
terdapat pula kode pin yang sudah ada dalam
unit, jadi anda dapat memilih kode akses yang anda suka, tidak perlu
khawatir juga saat anda lupa dengan pin anda yang lupa, karena kunci anti
maling ini dilengkapi dengan kunci manual sebagai antisipasi. Jika di buka dari
luar menggunkan pin namun jika dibuka dari dalam bisa tampa menggunakan pin.
Komentar
Posting Komentar